wow wow wow bidan agy bidan agy dunia bidan is my life

Jumat, 06 Januari 2012

Tahap-tahap tidur



Tubuh manusia telah diatur sedemikian rupa dimana setiap organnya memiliki waktu untuk beristirehat dan pemulihan. Pada saat tidur, semua otot beristirehat dan sistem saraf kita dibebaskan dari segala ketegangan, kekerasan yang sering terjadi tiap-tiap hari. Inilah saatnya dimana tubuh memperbaiki dirinya. Penelitian tentang tidur telah menunjukkan bahwa tidur tidak saja merupakan satu keadaan tidak sedar; tetapi sesungguhnya mengandung 2 jenis tidur yang berbeza:

1. Non-Rem Sleep (NREM): tidur dimana mata tidak bergerak dengan cepat.

2. REM Sleep: Tidur dimana mata bergerak dengan - cepat waktu mimpi.

Tahap 2 ini timbul dengan pola siklus yang teratur , ditandai oleh variasi kelelapan tidur dan variasi gelombang otak gerakan mata dan otot.
Cara tidur NREM memberikan pemulihan dan ketenangan secara keseluruhan pada tubuh dan otot-otot. Suhu tubuh dan tekanan darah menurun. Nafas menjadi teratur dan lambat. Permulaan tidur (tingkat 1) merupakan saat-saat mengantuk, dan akfifitas/kegiatan otak sama seperti yang terlihat pada orang yang tidak sedang tidur.
Tingkat 1 merupakan tingkat yang sangat tenang dan seperti bermimpi, tetapi anda masih sedar akan keadaan sekeliling anda. Sementara otot-otot terasa tenang, seringkali otot-otot tersebut menyentak dan bergerak secara refleks. Beberapa orang terbangun dengan hentakan yang keras. Keadaan ini disebut "myoclonic jerk" dan ini sama sekali tdak menyakitkan.
Ketika tidur secara berangsur menuju pada tahap yang ke II, perubahan pada gelombang otak dapat terlihat, dimana gelombang tersebut menjadi lebih lambat.
Tahap ke II dan III adalah tahap yang menuju pada tingkat tidur yang sesungguhnya. Anda tidak akan sedar terhadap sekeliling anda - tetapi dapat terbangun dengan mudah. Kira-kira 40 minit setelah tahap I anda akan memasuki tahap ke IV, tahap dimana keadaan tidur yang sangat sulit/sukar untuk bangun. Tahap ini adalah tahap pemulihan, penenangan dan tahap beristirehatnya fizik tubuh. Tahap IV ini bertanggungjawab pada setiap kegiatan buruk tidur yang bisa saja terjadi; dalam tahap ini bisa saja orang mendengkur, anak-anak mengompol dan tidur sambil berjalan.
Pada akhir 90 menit dari tidur secara total, anda akhirnya kembali pada tahap tidur yang lebih ringan yaitu tahap I. Tetapi gantinya memasuki tahap I kembali, anda memasuki tahap REM (Tidur mimpi). Ciri-ciri dari REM termasuk sentakan otot, penenangan, tekanan darah dan tidak teraturnya urat nadi. Seluruh siklus ini berulang 4 sampai 6 kali dalam satu malam. Setiap orang bermimpi pada keadaan tidur REM, walaupun mimpinya itu tidak dapat diingat. Sama seperti pada tahap IV dimana tidur dapat menenangkan anda secara fisik, maka tidur REM menenangkan anda secara mental dan sangat penting untuk belajar dan menghapal. Jadi, tidur yang cukup pada saat pengambilan keputusan atau masalah penting bisa menjadi suatu hal yang sangat baik.

Kekurangan REM lebih menjengkelkan dan tidak menenenangkan daripada kekurangan NREM. N. R. Culler don H B Cohen, dalam "The Effect of One Night's Sleep Loss on Moods and Memory in Normal Subjects," mengidentifikasikan bahwa studi yang dilakukan pada orang-orang yang kehilangan tidur mengakibatkan orang tersebut menjadi kurang dapat berintegrasi dengan baik dan kurang efekfif. Mereka menunjukkan tanda-tanda kebingungan, curiga dan mudah menyerah. Mereka terlihat khuatir, tak merasa aman dan lekas marah, dan mereka memiliki geiala-gejala peningkatan selera makan dan peningkatan berat badan secara pasti. Kekurangan tidur pada tahap ke IV, juga menyebabkan orang mengalami banyak kerugian. Secara fizik mereka merasa tidak nyaman, cenderung menarik diri dari lingkungan sosial dan teman-temannya, tidak agresif dan tidak ramah, dan menunjukkan adanya keluhan-keluhan fizik dan perasaan. Penelitian menunjukkan bahwa tidur nyenyak lebih penting dari (tidur) bermimpi. Dengan kata lain, keperluan tidur nyenyak dipenuhi terlebih dahulu, setelah keperluan mimpi dipenuhi. Tubuh cuba membangun kembali keseimbangan normalnya diantara tahap-tahap tidur tersebut.
Tidur pada siang hari tidak memiliki ritme/irama yang sama dengan tidur di malam hari. REM lebih menonjol selama tidur pagi dan tidur tahap IV (tidur nyenyak) lebih menonjol di malam hari.
Tiap-tiap orang membentuk sendiri pola tidurnya, yang berubah-ubah dari malam ke malam dan juga dipengaruhi oleh emosi dan fisik orang tersebut.

MANFAAT TIDUR BAGI TUBUH!!!

Posted at 10:21 under RYAN
sudah bukan rahasia lagi bahwa tidur terbukti efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan,flu dan sakit kepala misalnya.para ahli pun berpendapat bahwa tidur dapat membuat wajah bertambah cantik dan segar.apa saja sih manfaat tidur bagi tubuh kita?
tidur bermanfaat untuk:
1.mata
mata yang terpejam pada malam hari akan membuat mata menjadi bercahaya.jika kita kurang tidur,maka di bagian bawah mata akan terbentuk lingkaran hitam dan mata menjadi merah.hal ini disebabkan karena peredaran drah yang kurang lancsr,kurang tidur juga dapat mengakibatkan kulit menipis di seputar kantung mata.dan mata pun terlihat bengkakatau menggelembung,seperti orang yang habis menangis.
2.kulit
saat kita tidur darah akan terus mensuplai makanan ke kulit kita,hasilnya kulit tampak merah merona.
3.otot
tidur dapat membuat otot-otot mempunyai kesempata untuk beristirahat dan memperbaiki sel-sel yang rusak.persediaan energi menjadi bertambah dan hasilnya otot-otot akan terbentuk lebih baik.
4.bentuk tubuh
tidur dapat memperbaiki bentuk tubuh,tidur dengan posisi yang baik akan tampak pada siklap tubuh yang tegap dan lurus,sedangkan kebiasaan tidur dengan posisi yang salah akan mengakibatkan bentuk bahu dan tulang punggung yang kurang baik.

PROSES TIDUR
Bagaimana pun tidur kita,walaupun hanya terpejam selama 10 menit,akan membantu memperbaiki penampilan wajah,dengan beristirahat penuh di malam hari,selama 10 menit kita mengalami 5 tahap siklus(dengan bermimpi atau pun tidak).setiap tahap dapat membebaskan kita  dari tekanan yang menghimpit kita selama sehari penuh.sehingga di pagi hari kita akan merasa lebih segardan cerah.
dengan 10 menittidur,kita telah memasuki tahap pertama dan kedua,pada tahap ini kita  sudah terbantu memulihkan kembali penampilan dengan cara yang menakjubkan.karena urat-urat saraf kita kita mempunyai kesempatan untuk beristirahat. dalam waktu yang relatif singkat ini, otot-otot wajah mejadi rileks dan dengan sendirinya garis-garis dan kerut pada wajah menghilang.
Dalam 60 menit ortma saat tidur, kita sudah memasuki tahap3 dan 4 yakni tahap nyenyak. tubuh kita mengalami perbaikan secara fisik.
tahap terakhir yang bisa kita kenal dengan tahap tidur REM (Rapid Eye Movement) adalah tahap yang mengisi kembali alam pikiran kita.dengan bermimpi,kita bekerja menembus emosi yang menekan selama sehari penuh.tidur tahap REM juga membantu  penyimpan daya ingat kita orang yang melakukan tidur tahap REM memiliki daya ingat yang kuat tidur yang tenang dan kurang nyenyak dapat mempengaruhi emosi akibatnya kita aakan sering murung,marah-marah,atau mudah tersinggung hal ini terlihat langsung pada ekspresi wajah yang terlihat tegang,tidalk hangat,dan tidak bercahaya itulah sekelumit tentang tidur yang bermanpaat bagi kesehatan tubuh kita
tidur itu menyenangkan pada saat tidur,kita pasti di pagi harinya akan terasa segar dan nyaman.tidur adalah salah satu hal yang membuat tubuh terasa vit dan fresh lagi.hem,mungkin tidur adalah salah satu untuk memulihkan metabolisme tubuh kita.dimana pada saat kita lelah dipikiran kita hanyalah ingin beristirahat yaitu tidur.tidurpun bisa menjadi masalah misalkan tidur yang berlebihan akan menyebabkan tubuh kurang terasa nyaman dan malas untuk beraktifitas atau melakukan kegiatan pada keesokan harinya.tidur yang pas bisa menyehatkan karena waktu yang di atur kapan kita tidur dan kapan kita bangun itulah hal yang baik.dan perlu di laksanakan.seperti pepatah malam di jadikan istirahat dan siang dijadikan kerja.kata pepatah itu perlu kita jalani sebagaimana layaknya.tidur mengorok di sebabkan karena hidung kita tersumbat dan bisa aja tubuh kita terlalu besar.inilah tips-tips untuk menjaga kesehatan antara lain.

Tips Tidur Sehat
Kualitas tidur merupakan sumber kesegaran, tenaga, dan vitalitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya. Kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak yang sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olah raga. Jika setiap hari kamu mengalami insomnia, apa kamu yakin keesokan harinya kamu bisa lebih fresh. Mulai sekarang mulailah pola tidur sehat.
1. Disiplin
Selalu tidur pada waktunya. Agar jam biologis tubuh kamu tetap, bangunlah pada waktu yang sama. Tidak peduli apakah kamu merasa cukup tidur atau tidak. Usahakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi baik hari kerja maupun hari libur.
2. Olah Raga Teratur
Olah raga teratur adalah obat mujarab untuk menetralisir ketegangan fisik dan fikiran kamu. Hal ini sedikit banyak membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Jangan terlambat olah raga. Cukup lakukan sedikit olah raga ringan. Waktu paling ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari atau maksimum menjelang petang.
3. Suasana dan Ritual
Ciptakan suasana yang nyaman. Jaga kelembaban dan suhu udara kamar tidurmu. Usahakan sedemikian rupa begitu pagi datang, matahari akan masuk ke kamarmu. Sebalum tidur, usahakan relaks. Tidak perlu terlalu banyak berfikir. Lakukan ritual tidur yang menyenangkan seperti mendengarkan musik lembut sambil membaca bacaan ringan. Sesuaikan juga penerangan ruang tidur kamu.
4. Kualitas, Bukan Kuantitas
  • Yang penting kualitas bukan kuantitas. Tak masalah jika kamu hanya bisa tidur selama 5 jam saja tapi kamu merasa segar. Jika merasa sudah cukup tidur, lebih baik gunakan waktumu untuk melaksanakan kegiatan lain.
5. Jangan Tidur dalam Keadaan Lapar atau Kekenyangan
Semaksimal mungkin kamu harus bisa menghindari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur kamu. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau malah kekenyangan. Hindari kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Kalau lagi diet, jangan pernah tidur dalam keadaan lapar. Lebih baik makanlah buah-buahan rendah kalori seperti pisang atau apel.
itulah tips-itulah tips yang bisa saya berikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar